Top 3 News: Gubernur Ganjar Jelaskan Kenapa Tiket Masuk Candi Borobudur Naik

Meski aktivitas masyarakat kini telah dilonggarkan, pemerintah terus melakukan upaya preventif untuk menekan lonjakan kasus Covid-19. Untuk lokasi wisata seperti Candi Borobudur misalnya, jumlah pengunjung atau wisatawan yang ingin mendaki ke puncak Candi Borobudur dibatasi. Salah satunya dengan menaikkan tarif tiket.

Belum lama ini Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo angkat bicara soal ini. Selain mencegah keramaian, hal lain agar kondisi Candi Borobudur tetap terjaga.

Baca Juga

Seperti diketahui, kini wisatawan domestik dan mancanegara dikenakan sejumlah tarif untuk bisa mendaki ke puncak Borobudur. Domestik sebesar Rp 750 ribu, sedangkan untuk luar negeri senilai 100 dollar AS.

Berita lain yang tak kalah populer di 3 berita teratas, Minggu 5 Juni lalu, terkait kasus penganiayaan Justin Frederick di Tol Dalam Negeri Jakarta, Sabtu, 4 Juni 2022.

Dua pelaku pemukulan itu belum lama ini ditangkap, bahkan satu sudah menjadi tersangka.

Menurut Kabag Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan menjelaskan, pemicu pemukulan bermula dari masalah pukul, Sabtu siang sekitar pukul 12.40 WIB di Tol Dalam Negeri Jakarta.

Akibat penganiayaan tersebut, Justin mengalami sejumlah memar di sekujur tubuhnya.

Sementara itu, kehadiran Ketua Umum Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi dalam acara gathering Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) banyak menyedot perhatian. Kehadiran Budi dinilai sebagai penanda Projo di Pilpres 2024 mendatang.

Melihat hal itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanti angkat bicara. Dia mengatakan, DPIP tidak akan mencampuri urusan rumah tangga Projo. Ia juga menambahkan, PDIP tidak takut suara pendukung Jokowi berpindah ke partai lain.

Berikut daftar berita terpopuler di saluran News Liputan6.com sepanjang Minggu 5 Juni 2022:

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, tarif masuk baru Candi Borobudur untuk wisatawan domestik sebesar Rp. 750 ribu, sedangkan turis asing seharga 100 dollar AS.

Terkait hal tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan harga tiket tersebut diperuntukkan bagi mereka yang ingin naik ke Candi Borobudur.

Menurut dia, harus ada pembatasan bagi mereka yang ingin naik ke Candi Borobudur, agar kondisinya tetap terjaga.

“Tiket naik ke pura. Harus ada pembatasan orang yang naik ke pura. Demi menjaga kondisi pura,” kata Ganjar kepada Liputan6.com, Minggu (5/6/2022).

Menurut Ganjar, aturan pengendalian jumlah pengunjung Candi Borobudur setiap hari memang bisa dilakukan dengan berbagai langkah. Salah satunya melalui kenaikan tarif tiket destinasi wisata.

“Banyak aturan yang bisa dibuat untuk mengontrol pengunjung, mengenai transportasi ke EV, tentang pengelolaan lingkungan, event, sampah, bangunan dan tarif,” kata Ganjar.

Ia juga menjamin, siapapun tetap bisa menikmati wisata di Candi Borobudur. “Baiklah,” kata Ganjar.

Dulu, Wisata Candi Borobudur kini semakin mahal. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan tarif tiket masuk baru untuk wisatawan domestik sebesar Rp. 750 ribu, sedangkan turis asing seharga 100 dollar AS.

“Khusus mahasiswa, kami hanya mengenakan biaya 5.000 rupiah,” kata Luhut di akun Instagram miliknya, Sabtu, 4 Juni 2022.

Baca lebih banyak…

Polisi telah menetapkan satu orang pengemudi mobil berplat RFH sebagai tersangka kasus pemukulan terhadap Justin Frederick di Tol Dalam Kota Jakarta. Peristiwa itu diketahui terjadi pada Sabtu, 4 Juni 2022.

“Dua orang sudah ditangkap, lalu satu orang ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan,” kata Dirjen Polda Metro Jaya Kombes Hengky Haryadi kepada wartawan, Minggu (5/6/2022).

Menurut Hengky, pelaku yang ditetapkan sebagai tersangka berinisial FM. Sedangkan mereka yang masih ditahan dan diperiksa berinisial AF.

“AF dan FM (inisial pelaku)” kata Hengky.

Atas kejadian tersebut, Justin Frederick membuat laporan ke Polda Metro Jaya kemarin, Sabtu 4 Juni 2022.

Kabag Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menjelaskan, pemukulan dipicu masalah pukul. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 12.40 WIB di Tol Dalam Kota Jakarta.

Kejadian bermula saat korban hendak menyeberang dari Jakarta Timur. Zulpan mengatakan, kendaraan dengan plat nomor B 1146 RFH menangkap kendaraan pelapor dari kiri.

Baca lebih banyak…

Ketua Umum ProJokowi (Projo) Budi Arie Setiadi hadir dalam acara temu nasional Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Kehadirannya menandakan arah Projodi Pilpres 2024.

Menanggapi hal itu, Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto tidak mempermasalahkan relawan pendukung Jokowi itu sudah dekat dengan salah satu koalisi yang akan mencalonkan capres dan cawapres pada 2024.

Hasto menegaskan hanya parpol yang boleh mengusung capres dan cawapres. PDIP enggan mencampuri urusan rumah tangga Projo.

“Jadi kita tidak ikut campur dalam rumah tangga orang, termasuk Projo. Projo adalah relawan kecuali kalau dia berani menyatakan partai politik,” kata Hasto di Bogor, Minggu (5/6/2022). .

PDIP tidak takut suara pendukung Jokowi pindah ke partai lain. Hasto mengatakan, partai bisa mendapatkan suara jika menunjukkan kinerjanya kepada rakyat.

”Kami khawatir seluruh kinerja yang diperlihatkan PDIP tidak diterima rakyat. Karena itu, kami terus bergerak ke bawah agar rakyat dan PDIP menjadi satu kesatuan,” kata Hasto.

Ia juga menegaskan, seorang presiden tidak bisa berdiri hanya karena dukungan segelintir orang atau partai. Apalagi jika hanya didukung oleh kelompok relawan.

Seorang presiden membutuhkan dukungan kuat dengan kekuasaan di DPR RI. Hasto mencontohkan, ketika dukungan Presiden Joko Widodo di parlemen kurang dari 50 persen pada periode pertama, sulit untuk mengkonsolidasikan pemerintah negara bagian.

Baca lebih banyak…

About javawisata

Leave a Reply

Your email address will not be published.